7 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan iOS 2022

Saat ini, sudah tersedia banyak pilihan aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video hasil rekaman sendiri, baik itu video traveling maupun video amatir lainnya hanya  menggunakan smartphone atau tablet.

Aplikasi dalam daftar ini merupakan versi alternatif dari perangkat lunak desktop lengkap yang lebih sederhana. Meskipun begitu, kamu akan mendapatkan fungsionalitas utama di samping antarmuka yang dilucuti. Jadi, meskipun tidak ideal untuk setiap tugas, aplikasi dapat menjadi bagian yang berguna dari alur kerja pengeditan untuk pemula dan profesional.

Pada daftar di bawah ini, kamu akan menemukan aplikasi edit video untuk iOS, aplikasi pengeditan video untuk Android, dan aplikasi yang dapat digunakan di kedua platform. Sebagian besar cocok untuk smartphone dan tablet.

Aplikasi Edit Video Terbaik

7 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan iOS 2022

Jika kamu memiliki salah satu iPhone terbaru (13 Pro atau Pro Max), beberapa bahkan mendukung format ProRes baru. Saya telah meninjau sebagian besar produk ini, dan aplikasi dibawah benar-benar memberikan fungsi yang sangat membantu kegiatan dunia digital saya.

Beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan dibawah juga memungkinkan kamu untuk memindahkan klip antara smartphone dan komputer. Nah, untuk kamu yang sudah penasaran, berikut adalah aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. KineMaster

KineMaster - Aplikasi Edit Video Terbaik

Jika kamu seorang editor video profesional, maka aplikasi KineMaster layak untuk kamu coba. Selain tersedia diperangkat Android dan iOS, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memotret, mengedit, dan mengekspor rekaman kamu di smartphone atau tablet melalui antarmuka multi-layer.

Fitur high-end yang ditawarkan diantaranya yaitu blending mode, chroma-keying dan audio mixing. KineMaster adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik untuk memotong klip dan lapisan dengan perincian bingkai demi bingkai.

Kamu dapat mengedit gambar, teks, audio multi-track hingga menambahkan video di beberapa lapisan layar namun hanya tersedia untuk smartphone yang mendukung. Fitur lain termasuk preview edit instan, kontrol volume yang tepat, filter LUT warna, kontrol kecepatan, chroma key compositing hingga menawarkan transisi 3D.

Meskipun ini bukan Premiere Pro versi mobile, tapi menurut pengalaman saya, aplikasi ini menawarkan fitur yang hampir serupa. Antarmukanya sangat sederhana sehingga cocok untuk editor pemula maupun professional.

Dan uniknya lagi, aplikasi KineMaster gratis kamu download, akan tetapi menambahkan watermark ke setiap video yang kamu edit. Dan untuk menghapusnya, maka kamu harus berlangganan. Dengan menggunakan versi premium, maka kamu dapat mengekspor hasil editan dengan resolusi mulai dari 1080p hingga 4K, serta mendapatkan 1k aset premium.

2. Quik

Quik - Aplikasi Edit Video Terbaik

Jika kamu menggunakan GoPro sebagai alat perekaman video, maka ada sejumlah aplikasi pihak ketiga untuk mengedit hasil rekaman kamu. Namun, opsi terbaik yang saya coba hingga saat ini adalah aplikasi resmi GoPro, yakni Quik.

Aplikasi ini berfokus pada dua hal spesifik, seperti memungkinkan kamu mengontrol perangkat GoPro dari jarak jauh, dan mengedit rekaman GoPro kamu. Quik secara otomatis dapat mengimpor rekaman dan juga memudahkan kamu untuk melakukan hal-hal seperti menyinkronkan klip kamu dengan musik, menambahkan foto, text dan masih banyak lagi.

Kamu dapat menelusuri cuplikan bingkai demi bingkai untuk menemukan gambar diam yang menonjol. Dan setelah foto atau video kamu siap, kamu dapat langsung mengunggahnya ke Instagram, Facebook, YouTube, dan sosial media lainnya, atau membagikannya melalui email.

Aplikasi edit video terbaik Quik diperbarui secara berkala. Dan dengan pembaruan terkini yang menyempurnakan navigasi dan alur kerja aplikasi, serta meningkatkan fungsi pengeditan yang lebih cerdas, menambahkan musik baru, dan keterhubungan ke kamera kamu.

Menariknya, aplikasi ini gratis kamu download di Google Play, tetapi kamu dapat membayar untuk tema dan filter tambahan melalui pembelian dalam aplikasi.

3. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush - Aplikasi Edit Video Terbaik

Baik kamu menggunakan smartphone iOS maupun Android, Adobe Premiere Rush adalah aplikasi edit video terbaik yang tersedia saat ini. Itu karena aplikasi Premiere Rush menawarkan fungsionalitas yang begitu luas dari antarmuka yang begitu sederhana.

Aplikasi edit video terbaik ini menawarkan ikon dan panel besar yang membuatnya sangat mudah digunakan dalam pengeditan video stkamur, seperti melakukan drag dan drop rekaman ke timeline, mengubah warna video, menambahkan musik atau merekam suara, serta menambahkan text dan transisi video.

Fokusnya adalah memungkinkan kamu memproses klip dengan cepat untuk diunggah ke media sosial. Misalnya, secara otomatis mengonversi video kamu ke rasio aspek dan tingkat kualitas tertentu yang diperlukan oleh setiap platform. Jika kamu seorang YouTuber atau pengguna media sosial lain yang ingin bereksperimen dengan karya video, maka aplikasi ini sangat saya rekomendasikan.

Aplikasi edit video terbaik untuk smartphone ini lebih mudah digunakan daripada aplikasi Adobe lainnya yang dirancang untuk laptop dan PC. Tidak hanya untuk editor amatiran, Premiere Rush juga sangat cocok digunakan oleh editor video profesional, karena memungkinkan kamu memindahkan konten bolak-balik ke Premiere Pro, di mana kamu dapat melakukan pengeditan yang lebih canggih.

4. FilmoraGo

FilmoraGo

FilmoraGo yang bisa kamu download untuk smartphone Android dan iPad sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar mengedit video tanpa perlu menggunakan curva yang curam.

Hanya dalam satu aplikasi ini, kamu dapat memangkas dan memotong video, menyesuaikan kecepatan video, mengontrol volume, dan mengurutkan klip. Namun, FilmoraGo tidak memiliki fitur-fitur canggih seperti pengeditan multi-track atau dukungan 4K yang tersedia pada aplikasi Lumafusion atau Kinemaster.

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki segudang filter dan efek bertema yang sangat mudah diaplikasikan kedalam video kamu. Hal ini dapat membantu kamu yang merupakan seorang editor pemula dalam membuat karya video terlihat sangat profesional.

FilmoraGo secara teknis adalah aplikasi gratis, namun akan meninggalkan watermark pada setiap video yang kamu ekspor, kecuali kamu meningkatkan ke versi berbayar. Dan kamu dapat mencobanya secara gratis dan tidak menyukainya, mungkin perlu ditinjau kembali.

Pembaruan besar yang dilakukan pada bulan Juni 2021 menambahkan antarmuka pengguna baru, serta kamera AR dan mode terang gelap. Ditambahlagi, kamu dapat memilih untuk menyambung video dalam gambar yang sama. Updatean terbaru lainnya menambahkan fitur Chroma Key yang memudahkan untuk menghapus warna tertentu dari gambar atau video yang tidak kamu sukai.

5. PowerDirector

PowerDirector

Jika kamu tidak menyukai salah satu aplikasi diatas, mungkin kamu perlu mencoba PowerDirector. Ini adalah aplikasi edit video terbaik untuk Android yang dirancang khusus untuk menangkap dan mengedit hasil rekaman action.

Selain menawarkan pengeditan video dasar, kamu juga dapat menerapkan beberapa efek aksi yang bagus ke bidikan kamu. Misalnya, kamu dapat memperlambat atau mempercepat segmen video dengan presisi, untuk membuat adegan gerak lambat atau gerak cepat yang menarik. Kamu juga dapat menyorot bagian tertentu dari video kamu untuk diputar ulang.

Ada ratusan trek musik latar belakang dan efek suara yang dapat kamu tambahkan ke klip kamu secara gratis. Bahkan kamu juga dapat menambahkan judul dan teks, serta membagikan video kamu ke media sosial. Meskipun aplikasi edit video android dan iOS ini gratis didownload, namun kamu perlu membayar untuk mendapatkan fitur tambahan dengan cara pembelian dalam aplikasi.

6. Inshot

Inshot

Apakah kamu membutuhkan aplikasi edit video cepat untuk kebutuhan media sosial? Maka sebagian besar aplikasi dalam daftar ini akan berlebihan. Sebagai gantinya, kamu mungkin perlu mencoba aplikasi yang sangat sederhana yaitu Inshot.

Ini adalah aplikasi edit video dengan antarmuka yang sangat ramah, dengan menawarkan ukuran kanvas yang sudah dibuat sebelumnya untuk mengekspor klip di mana saja, baik untuk IGTV maupun platform TikTok.

Antarmuka Inshot benar-benar sangat sederhana, hal itu akan membuat penggunanya bisa dengan untuk mengimpor, memangkas, dan mengedit klip secara bersamaan dan kemudian menambahkan filter, stiker, teks, emoji, dan hal menyenangkan lainnya. Bahkan kamu bisa menambahkan musik gratis serta efek suara untuk memperindah karya video.

Ada juga perpustakaan ekstensif yang memungkinkan kamu menambahkan rekaman stok eksklusif ke video kamu, dan kemampuan untuk melihat pratinjau video dalam layar penuh. Aplikasi ini gratis, tetapi dilengkapi dengan iklan, dan meninggalkan watermark pada video kamu. Keduanya dapat dihapus dengan berlangganan.

7. LumaFusion

LumaFusion

Jika aplikasi edit video Premiere Rush tidak cukup canggih untuk kebutuhan editing kamu, maka LumaFusion bisa menjadi solusi yang tepat. Aplikasi yang dikembangkan oleh Pinnacle Studio memiliki beragam fitur lengkap dari semua aplikasi edit video, namun hanya tersedia untuk perangkat iOS.

Efek apa pun dapat dibingkai kunci, seperti halnya klip animasi, memungkinkan penyesuaian yang tepat untuk proyek kamu. Kamu mendapatkan enam trek video/audio untuk foto, video, judul, dan grafik, bersama dengan enam trek audio tambahan untuk narasi, musik, dan efek suara.

Untuk fitur yang ditawarkan LumaFusion tidak perlu diragukan lagi, karena kamu dapat melakukan insert/overwrite, mengubah warna, mixer audio, membuat video vertikal, dan memperlambat atau mempercepat video, memundurkan video dan fitur keren lainnya. Ada juga sejumlah efek mengesankan yang dapat kamu terapkan.

Untuk pengguna biasa, menggunakan aplikasi edit video terbaik ini sangat berlebihan. Dan bagi seorang pemula, aplikasi LumaFusion akan menjadi kurva belajar yang menakutkan. Namun, fitur canggih yang ditawarkan akan sangat berguna bagi editor video profesional.

Hal itu menyangkup  fitur Sinkronisasi MultiCam, yang memungkinkan kamu menyinkronkan dan mengedit klip dari berbagai kamera dan sumber audio. Ditambah lagi, jika kamu memiliki iPad Pro terbaru, maka kamu dapat memanfaatkan sepenuhnya port Thunderbolt 4 untuk kecepatan unduh dan unggah yang lebih cepat.

Bahkan ada integrasi yang bagus dengan Dropbox untuk mempermudah berkolaborasi dalam rekaman dengan orang lain. Setelah kamu selesai mengedit, ada fitur menarik untuk ekspor video dan berbagi. Seperti halnya mengekspor pada resolusi dan kualitas yang berbeda.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk perangkat android dan iOS yang akan membantu kamu menghasilkan karya video menarik, baik untuk hiburan semata, mengabadikan moment maupun untuk kebutuhan bisnis melalui media sosial.