10 Aplikasi Desain Grafis Terbaik Laptop & PC Windows 2022

Kamu mungkin sudah tahu bahwa aplikasi desain grafis untuk Windows tampak seperti sebuah oxymoron. Memang benar bahwa dulu Mac adalah aplikasi desain grafis terbaik pilihan para desainer, tetapi Windows dengan cepat mengejar ketinggalan sebagai sistem operasi yang layak untuk professional desain grafis dengan beragam aplikasi yang layak untuk di-boot.

Ada beberapa outlier (seperti Sketch), yang tidak ingin beradaptasi dengan Apple. Tapi sekarang, aplikasi apa pun yang bisa dilakukan Mac, kamu juga bisa melakukannya pada Windows. Jadi, mana aplikasi desain grafis terbaik untuk laptop dan PC Windows saat ini?

Aplikasi Desain Grafis Terbaik PC

Aplikasi Desain Grafis PC

Melalui artikel ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik tanpa urutan tertentu untuk laptop dan PC Windows. Penjelasan singkat dibawah juga akan membantu kamu tentang cara memilih laptop sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop - Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Mungkin yang paling terkenal dari semua aplikasi desain grafis untuk pc dan laptop windows adalah photoshop. Aplikasi ini telah mendominasi profesi selama tiga dekade terakhir, dan tetap menjadi pilihan untuk studio editing di mana pun.

Memang, kamu mungkin akan kesulitan mendapatkan pekerjaan tanpa mengetahui cara menggunakannya. Jika kamu seorang freelancer, tentu saja kamu memiliki lebih banyak ruang untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, tetapi mungkin akan sulit untuk menghindarinya.

Dengan begitu banyak aplikasi desain grafis untuk Windows yang ada, kamu tidak akan menjadi yang teratas dalam industri yang terus berkembang tanpa alasan. Dan pengujian terbaru saya menemukan bahwa Adobe telah melakukan upaya keras untuk memperbarui toolsnya agar tetap relevan untuk tahun 2022.

Saya menyukai tools pemodelan 3D yang kuat dan fitur pencetakan 3D. Ditambah lagi, aplikasi untuk iPad memiliki berbagai tools tambahan yang berguna. Aplikasi ini semakin canggih dari hari ke hari. Misalnya, Adobe menambahkan riwayat versi dokumen cloud dan dukungan untuk dokumen cloud dalam mode offline.

Alasan utama untuk mempertimbangkan alternatif dari aplikasi desain grafis terbaik ini adalah harga. Photoshop, seperti aplikasi Adobe lainnya, sekarang hanya tersedia sebagai bagian dari langganan Creative Cloud dan harganya juga tidak murah.

2. Illustrator

Adobe Illustrator - Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, Illustrator telah menjadi pendamping alami Photoshop untuk generasi ilustrator dan desainer. Bahkan sudah lama aplikasi ini dianggap sebagai tools menggambar vektor stkamur untuk industri.

Seperti halnya Photoshop, para pesaingnya sebagian besar bersaing dalam hal harga, dan bagi mereka yang menganggap uang kurang penting daripada efisiensi, maka aplikasi desain grafis Illustrator tetap menjadi tools yang sangat kuat dan serbaguna.

Dalam pembaruan terbaru, saya menyukai tools 3D baru, pengeditan vektor yang elegan, dan fungsi kerja tim cloud. Penambahan terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah tools Gradien Bentuk Bebas yang membuatnya sangat mudah untuk membuat gradien.

Fitur Pengeditan Global yang memungkinkan kamu untuk membuat perubahan secara bersamaan di semua objek serupa, dan tools pemangkasan cerdas yang secara otomatis menyarankan pemotongan berdasarkan AI. Dan aplikasi Illustrator terbaru juga telah diluncurkan di iPad.

3. Affinity Designer

Affinity Designer - Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Affinity Designer telah menjadi aplikasi alternatif untuk para Illustrator profesional PC sejak dirilis untuk Windows pada tahun 2016. Ini adalah aplikasi pengeditan vektor dan piksel lengkap dengan zoom 10 juta persen, efek non-destruktif dan lapisan penyesuaian.

Meskipun beberapa kemampuan di Illustrator tidak ada, seperti distorsi atau efek warp, namun sebagian besar dari apa yang dapat kamu lakukan di Adobe juga dapat kamu lakukan di Affinity Designer. Bahkan antarmuka dari aplikasi desain grafis ini cukup mirip sehingga mudah diambil dan digunakan secara intuitif.

Dikodekan untuk komputer dan tablet terbaru, pembuat Serif mengklaim bahwa Affinity Designer berjalan lebih cepat daripada produk Adobe. Dan pengalaman saya menunjukkan bahwa memang demikian, selama kamu menggunakan peralatan yang relatif modern.

Dari segi harga, aplikasi Affinity Designer juga sangat murah, dan kamu hanya perlu membayar sekali dan tidak ada biaya langganan. Bagi pekerja lepas yang memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengatur cara kerjanya, aplikasi desain grafis paling terjangkau untuk Windows ini tentu patut untuk dipertimbangkan.

4. CorelDRAW

CorelDRAW - Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, CorelDRAW adalah aplikasi ilustrasi berbasis vektor yang berfokus pada Windows (walaupun pada tahun 2019 akhirnya diluncurkan pada MacOS). Jadi bagaimana perbandingannya dengan aplikasi desain lain untuk Windows?

Dari segi fitur, sepertinya Adobe Illustrator memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan CorelDRAW, sementara dari segi harga yang ditawarkan, Affinity Designer juga dengan mudah mengalahkannya. Tapi CorelDRAW terus menjadi populer di antara semua orang, mulai dari seniman hingga desainer grafis.

Pembaruan yang paling menonjol dari aplikasi CorelDRAW dalam beberapa tahun terakhir adalah fitur LiveSketch. Ini adalah solusi menggambar garis inovatif untuk desainer dan ilustrator yang ingin memotong pembuatan gambar mini di atas kertas, dan membuat sketsa seni vektor secara bebas.

Fitur keren lainnya dari aplikasi CorelDRAW adalah Color Harmony, yang memungkinkan kamu mengubah tampilan objek dari satu kelompok warna pelengkap ke yang lain. Pointiliser yang memungkinkan kamu membuat mosaik vektor, dan cara setiap lapisan direpresentasikan dengan representasi thumbnail dari bentuk yang dimaksud.

Baru-baru ini, versi terbaru 2020 dan 2021 dibangun di atas fitur baru yang didukung oleh AI, opsi tinjauan kolaboratif berbasis cloud, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Ditambah lagi, ada bitmap yang mengesankan untuk menggambar vektor yang disebut PowerTRACE.

Singkatnya, CorelDRAW mungkin bukan yang terbaik dalam satu hal, tetapi secara keseluruhan ini adalah aplikasi desain grafis berkelas yang solid. CorelDRAW berfungsi dengan baik dan banyak desainer profesional yang merekomendasikannya.

5. Adobe InDesign

Adobe InDesign

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator adalah pionir di bidang editing gambar dan grafik vektor. Namun ketika InDesign hadir di tahun 1999, pestanya agak terlambat. Meskipun pasar aplikasi desktop publishing saat itu didominasi oleh QuarkXpress. Namun, InDesign dengan cepat mengambil alih pasar aplikasi desain grafis karena menawarkan harga lebih murah.

Saat ini, dari semua aplikasi desain grafis untuk Windows, InDesign tetap menjadi stkamur di dunia industri untuk penerbitan cetak. Dan itu berkembang selama bertahun-tahun untuk memasukkan beberapa fitur penerbitan digital yang cukup bagus juga.

Yang paling saya sukai dari aplikasi ini adalah alat kolaborasi, karena alat ini dapat beralih dengan mulus dari digital ke cetak. Sejak itu, inovasi utama dan terbaru adalah yang kecil tetapi penting. Seperti dukungan untuk catatan akhir dan pemfilteran font yang lebih baik, serta integrasi yang lebih baik dengan Creative Cloud.

Namun secara keseluruhan, Adobe telah menghindari terlalu banyak perubahan radikal. Pembaruan terus dilakukan secara konstan, tetapi cenderung granular dan malah bukan inovatif. Misalnya, pembaruan pada bulan april kemarin yang memperkenalkan kemampuan untuk memetakan ukuran optik teks untuk secara otomatis mengatur ukuran font.

Dan itu sebenarnya cukup cerdas, karena salah satu daya tarik terbesar dari InDesign adalah keakrabannya dengan desainer yang telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Namun, bagi mereka yang baru mengenalnya, antarmukanya tidak begitu intuitif sehingga ada sedikit kurva pembelajaran.

6. Photoshop Elements

Photoshop Elements

Apakah kamu menyukai Photoshop, tetapi tidak membutuhkan semua fitur karena ingin menghemat uang? Maka aplikasi Photoshop Elements adalah pilihan terbaik untuk para editor grafis raster, fotografer tingkat pemula dan editor gambar. Menurut saya, aplikasi desain grafis ini berisi sebagian besar fitur versi profesional, tetapi dengan opsi yang lebih sedikit dan lebih sederhana.

Photoshop Elements masih sekitar dua kali lebih mahal dari Affinity Photo, jadi sangat saya sarankan kamu untuk mengambil uji coba 10 hari gratis dari Affinity Photo terlebih dahulu sebelum melakukan. Tetapi jika kamu sudah terbiasa dengan antarmuka Photoshop dan tidak ingin mempelajari sesuatu yang baru, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan.

7. Inkscape

Inkscape

Jika kamu mencari aplikasi desain grafis terbaik tapi gratis untuk perangkat komputer dan laptop Windows, maka kamu perlu mencoba Inkscape. Aplikasi editor vektor open source ini hadir dengan serangkaian fitur yang sangat canggih, termasuk operasi jalur yang kompleks, pengeditan simpul, penelusuran bitmap dan teks berbasis jalur.

Selain itu, ada komunitas dunia yang luas dan antusias di baliknya, jadi jika kamu mengalami masalah, maka kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan bantuan dan dukungan.  Akan tetapi, ada kelemahan dari Inkscape yang membuat kamu mungkin lebih memilih untuk membayar aplikasi yang lebih canggih adalah kecepatan operasinya yang relatif lambat.

Namun, seperti biasa, itu tergantung pada peralatan yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan komputer atau laptop super cepat, mungkin kamu akan merasa bahwa itu bukanlah suatu masalah, dan faktanya itu gratis berarti pasti layak untuk dicoba.

8. Canva

Canva

Diluncurkan pada tahun 2012, Canva adalah editor desain grafis yang bekerja di browser; sehingga kamu dapat menggunakannya baik itu melalui komputer atau tablet Windows, Mac atau Linux. Meskipun lebih terbatas daripada perangkat lunak desain lengkap seperti Photoshop, namun Canva mampu menciptakan berbagai aset grafis, mulai dari grafik media sosial hingga tata letak brosur, presentasi hingga poster.

Hanya dengan melakukan drag and drop, aplikasi ini menawarkan berbagai template. Jadi, Canva bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pemula dan amatir yang ingin memulai desain grafis tetapi bukan satu untuk pro. Bertempat di browser, ini juga bagus untuk berbagi pekerjaan kamu dan berkolaborasi dengan orang lain.

Versi dasar Canva gratis, tetapi kamu perlu berlangganan untuk membuka kunci semua fitur, dan mengakses folder hingga ribuan template tanpa batas. Berlangganan tools desain grafis ini masih cukup murah dibandingkan dengan sebagian besar aplikasi dalam daftar ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang rekomendasi aplikasi desain grafis terbaik untuk perangkat komputer dan laptop windows. Kamu bisa memilih salah satu dari daftar diatas untuk kebutuhan digital maupun dunia percetakan.